Yuk Cobain Liburan dan Wisata di Seputar Sawangan-Limo
S Hidayati - depoknews.com | Saturday, 8/12/12 , 06:46 WIB | 7824 Views | 1 Comment

depoknews.com | Sebentar lagi liburan sekolah dan liburan akhir tahun akan tiba. Biasanya banyak keluarga yang ingin menggunakan waktu libur mereka untuk berekreasi bersama. Tapi bagi keluarga sederhana mungkin agak bingung mencari tempat wisata yang murah dan terjangkau. Biasanya pengelola tempat wisata akan menaikkan tarif saat liburan akhir tahun. Ataupun jika ada yang murah, pengunjungnya biasanya membludak. Bagi Anda yang tinggal di Depok tidak perlu bingung mencari tempat rekreasi yang murah dan dekat. Selain bisa menghemat waktu perjalanan, Anda tidak perlu merogoh kocek banyak.

Sebenarnya di Depok selain banyak menyediakan wisata kuliner (sepanjang Margonda dan akses Kelapa Dua), juga banyak tersedia wisata air (waterpark), wisata alam, serta wisata budaya. Beberapa tempat wisata Depok yang perlu Anda kunjungi bersama keluarga, antara lain:

1. Taman Wisata Pasir Putih

Terletak di Jl Raya Pasir Putih, Depok, Jawa Barat. Posisinya terletak di belakang perumahan Sawangan Permai, Tugu Sawangan, Depok. Di sini terdapat berbagai macam arena permainan yang menarik, seperti waterpark, playground, flying fox, ATV dan masih banyak lagi. Taman ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak-anak karena selain waterpark juga ada arena outbond.

Untuk tiket masuk, Senin-Kamis seharga Rp 12.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Sedangkan hari Sabtu-Minggu dan hari libur, tiketnya seharga Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 12.000 untuk anak-anak. Tempat wisata ini tutup pada hari Jumat, akan tetapi dibuka jika bertepatan dengan hari libur nasional.

Disini banyak aneka wahana permainan seru untuk anak-anak dan orang dewasa juga bisa berenang dan basah-basahan. Jauh dari pusat keramaian dan melalui jalan kampung akan terasa suasana yang berbeda. Ada tiga waterpark yang cukup luas dan aneka wahana di kolam mulai dari tong tumpah, air mancur, dan seluncur.

Puas basah-basahan, ada beberapa tempat makan dan warung makan untuk mengisi perut Anda. Ada juga penyewaan tikar seharga Rp 10.000 bagi Anda yang ingin bersantai di bawah pohon yang rindang. Untuk permainan flying fox orang dewasa dikenai seharga Rp 20 ribu dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Ada juga aneka permainan dan wahana lainnya, seperti trampolin, bungy trampolin, ATV, pemancingan, taman bermain, hingga bungalow. Taman Wisata Pasir Putih juga menampung berbagai jenis acara untuk family gathering.

2. Kampung 99 Pepohonan (Kampung Rusa)

Lokasinya di Jalan KH. Muhasan II, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok 16515 (seberang Mesjid Kubah Mas Dian Al Mahri). Telepon: (021) 93490586, (021) 99955610, (021) 99453886.

Jika jenuh dengan suasana perkotaan, Kampung 99 Pepohonan atau Kampung Rusa dapat menjadi tujuan wisata keluarga Anda. Mengusung konsep menyatu dengan alam, Anda dapat mengadakan acara khusus, seperti outbound untuk anak atau dewasa, arisan, family gathering, ulang tahun, menginap di rumah kayu, memancing, atau hanya untuk menikmati udara segar tanpa terganggu oleh bisingnya suara dan polusi asap kendaraan, serta makan makanan sehat di resto alami.

Nama 99 sendiri berawal dari kisah unik yang terjadi ketika ada kunjungan Taman Kanak-kanak dari Jakarta sedang mengadakan wisata outbound dan pengenalan terhadap lingkungan di kampung itu. Rencananya acara itu akan diikuti oleh 100 anak. Akan tetapi satu orang tidak hadir, maka bibit pohon gmelina yang ditanam hanya 99 batang. Itulah asal mula nama tersebut. Sedangkan nama Kampung Rusa berasal dari salah satu hewan yang dipelihara, yaitu rusa jenis Timorensis.

Meskipun begitu, di sini juga terdapat kambing Etawa, sapi, kerbau, tupai, burung, dan ayam mutiara. Beragam macam pohon pun ada, seperti Pohon Maja, Trembesi, Jati Putih, Rengas, Kemang, Karet, dan masih banyak lagi pohon langka lainnya.

Banyak kegiatan edukatif bertema lingkungan yang menghibur bisa dilakukan, antara lain mengenal tumbuhan, menanam pohon, memanen padi dan sayur-mayur, memberi makan ternak, memandikan kerbau, dan membajak sawah. Anak-anak juga bisa mencoba membuat roti tradisional dan modern, memasak sayur dan lauk bersama. Bahkan beberapa permainan outbound seperti flying fox, spider web, dan naik sampan di sungai juga bisa dilakukan. Ini bisa membuat liburan Anda bersama keluarga semakin ceria.

3. Godong Ijo

Jalan Cinangka Raya Km. 10 No. 60, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Sawangan-Depok.

Godong ijo menawarkan banyak pilihan bagi pengunjung. Diantaranya; Young Greeners, dirancang untuk menghibur sekaligus merangsang anak-anak supaya lebih peduli terhadap lingkungan. Dalam progam ini, terdapat pertunjukan Life Opera dengan tema Stop Global Warming, Fast Learning Camp (Kemah Belajar Super Cepat) perpaduan acara Mind Map, Super Memory, Succesful Learning Strategies, Brain Gymnastic, Brain Games, Outbond Games, Planting Class, dan Reptile Corner.

Tak hanya untuk anak-anak, Godong Ijo menawarkan program untuk keluarga dan perusahaan. Sebut saja Company Gathering Package dan Family Gathering Package, yaitu penawaran yang memberikan program “play, green, and smart” karena terdapat berbagai jenis permainan yang mendidik dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hias dan satwa langka koleksi khusus Godongijo. Selain itu juga ditambahkan tata cara dasar penanaman dan perawatan tanaman hias. Objek wisata peraih prestasi Amazing Garden se-Asia Tenggara  ini juga mempunyai tanaman obat atau apotik hidup yang langka di pasaran, seperti koleksi terbaru dari Adenium Collection yang ditambahkan pada tahun 2010-2011.

Bila Anda lelah dengan berbagai tanaman dan beraktivitas, Anda dapat bersantai di Botanical Café, di mana Anda dapat menyantap hidangan ala Indonesia dan Thailand sambil menikmati teduhnya alam.

4. Masjid Dian Al-Mahri (Masjid Kubah Emas).

Terletak di Jalan Raya Meruyung-Cinere, Limo Depok.

Masjid jadi tempat wisata? Apa yang menarik dari masjid itu dan mengapa sering dikunjungi banyak orang? Keistimewaan Kubah Emas terletak pada kubahnya yang memang dibuat dari emas. Meskipun begitu belum ada yang mencoba mengambil emasnya tuh.

Dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, pengusaha asal Banten. Dibangun sejak tahun 2001-2006, dan diresmikan tanggal 31 Desember 2006, bertepatan Idul Adha, mesjid ini dibuka untuk umum.

Dibangun di atas lahan 50 hektar, luas masjid sekitar 8000 meter persegi dapat menampung sekitar 20.000 jemaah. Selain bangungan masjid yang konon termegah se Asia Tenggara. Anda dan keluarga bisa menikmati keteduhan pohon-pohon dan taman yang ditata apik untuk tempat bersantai dan makan bersama keluarga. Bagi Anda yang suka foto-foto, banyak objek foto dan tempat yang bagus untuk latar foto Anda bersama keluarga.

(S. Hidayati)

Comments

comments

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. fauzi says:

    boleh dtambah lagi gg tempat wisatanya

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita terkait lainya