Belanda masih harus menunggu hasil pertandingan Uruguay vs Yordania

Pot 1 Grup Putaran Final Piala Dunia 2014 Diisi 8 Tim Unggulan
Ruli Susanto - depoknews.com | Monday, 21/10/13 , 16:15 WIB | 390 Views | 0 Comments

piala dunia 2014-depoknews.com | Berdasarkan jadwal kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 yang telah ditetapkan FIFA, direncanakan pada akhir November 2013 nanti kita sudah mengetahui ketiga puluh dua kontestan putaran final yang akan tampil di Brasil.

Saat ini masih ada 11 tiket yang masih harus diperebutkan oleh 22 negara untuk menyusul 21 kontestan lain yang telah memastikan diri lolos ke Putaran Final di Brasil yang akan digelar pada sepanjang 12 Juni sampai 13 Juli 2014 mendatang.

Pada putaran final tahun depan 32 tim nasional terbaik dari berbagai negara tersebut akan dibagi menjadi 8 grup (A sampai H) dimana masing-masing Grup akan diisi oleh 4 tim. Nantinya, pengelompokan tim-tim kedalam grup akan dilakukan  berdasarkan undian (drawing).

Namun untuk tim yang mengisi posisi teratas (pot 1) akan ditentukan berdasarkan peringkat FIFA terakhir. Acara undian final pembagian grup ini sendiri rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2013, menunggu seluruh pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 diselesaikan.

Sementara menunggu fase kualifikasi selesai, FIFA telah menetapkan daftar 8 tim unggulan yang akan menempati posisi teratas dalam Grup (Pot 1). Ini berarti ke delapan tim tersebut tidak akan saling bertempur lebih awal di fase penyisihan pada putaran final nanti.

Penetapan tim-tim tersebut dilakukan berdasarkan daftar peringkat FIFA terakhir yang dirilis pada 17 Oktober 2013, kecuali Brasil tentunya yang bertindak selaku tuan rumah.

Tim unggulan yang akan mengisi posisi teratas Grup (Pot 1) adalah sebagai berikut :

  1. Brasil (Tuan Rumah)
  2. Spanyol
  3. Jerman
  4. Argentina
  5. Kolombia
  6. Belgia
  7. Swiss
  8. Belanda atau Uruguay

Seperti nampak di daftar, kepastian tim yang akan mengisi Pot 1 masih menunggu hasil pertandingan intercontinental play off antara Uruguay kontra Yordania. Jika Uruguay keluar sebagai pemenang dan merebut satu tiket lolos, maka berarti Uruguay yang akan menempati posisi tersebut karena peringkatnya di daftar FIFA lebih baik dari Belanda (Uruguay peringkat 6, Belanda peringkat 8).

Namun, jika Yordania yang lolos ke Brasil, maka tim Belanda yang dipastikan akan mengisi Pot 1 tersebut karena peringkat Belanda yang lebih baik dari Italia walaupun hanya dibedakan oleh selisih poin desimal yang sangat tipis, Belanda ((1135,95) dan Italia (1135,61).

Selain Uruguay kontra Yordania, pertandingan play off lainnya untuk memperebutkan 11 tiket tersisa dapat dilihat di hasil kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 terakhir.

Kita tunggu, bagaimana hasil akhir pembagian grup putaran final Piala Dunia 2014 pada tanggal 6 Desember nanti yang tentunya menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan perjalanan selanjutnya menuju tangga juara dunia 2014 bagi seluruh tim yang berlaga. (ru;/mt)

Sumber : FIFA

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita terkait lainya

iklan