#DokterMenjawab

Mengapa Lebih Dari 40 Hari Darah Nifas Masih Keluar?
- - depoknews.com | Sunday, 31/3/13 , 12:00 WIB | 651 Views | 0 Comments

kalenderSalam Dok, saya Maya (26 tahun) baru melahirkan anak pertama melalui proses persalinan caesar karena risiko miopia tinggi pada 14 Januari lalu. Yang saya mau tanyakan apakah wajar darah nifas keluar lebih dari 40 hari pasca melahirkan?

 

Jawaban:

Salam untuk Ibu Maya yang telah melahirkan anak pertamanya, selamat berbahagia tentunya bagi keluarga. Berkenaan dengan pertanyaan seputar darah nifas Post Sectio, maka darah nifas baik persalinan sesar maupun persalinan melalui vagina secara teori normal berlangsung kurang/ sama dengan enam minggu.

Tetapi ini bukan syarat mutlak. Darah nifas terjadi karena daerah tempat melekatnya plasenta sebelumnya kaya akan pembuluh darah, sehingga setelah plasenta lepas sebagian perdarahan tetap terjadi sehingga perlu pemulihan/ pengecilan kembali rahim ke bentuk semula (involusi), untuk menghentikan perdarahan tersebut.

Umumnya perdarahan akan makin berkurang dan warna merah makin pucat. Tetapi sekali lagi tidak selamanya demikian, terkadang perdarahannya dapat hilang timbul tidak teratur atau terkadang lebih dari 6 minggu. Ini belum tentu abnormal, karena faktor menyusui, gizi jumlah anak dll dapat mempengaruhi.

Yang penting ibu perhatikan:

1.Warnanya tidak merah segar atau keluar bekuan darah banyak yang berulang

2.Tidak disertai bau yang menyengat

3.Tidak disertai demam atau mengigil

4.Tidak menyebabkan pusing atau lemas yang hebat

Bila ibu merasakan hal di atas atau ibu ragu akan kondisi ibu sebaiknya ibu konsultasi ke dokter kandungan ibu. Demikian yang dapat disampaikan, semoga membantu menjelaskan, terima kasih. (SC)

dr S Chandra, SpOG, DMAS
Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur
 

—————————————————————————————

Logo_baru_Meilia

Kolom #DokterMenjawab ini diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@depoknews.com
 

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita terkait lainya