Jelang Pemilu 2014, Elektabilitas Wiranto- HT Naik
Akbar - depoknews.com | Thursday, 18/7/13 , 10:15 WIB | 413 Views | 0 Comments

ketua-umum-partai-hanura-wiranto-dan-ketua-dewan-_130702142232-941depoknews.com | Elektabilitas Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo (HT) saat ini meningkat. Oleh karena itu Partai Hanura untuk segera mendeklarasikan pasangan calon presiden dan calon wapres mereka.

“Kenaikan cukup signifikan itu kami duga kuat  merupakan efek dari deklarasi Capres-Cawapres Wiranto-Hary Tanoesoedibjo pada 2 Juli lalu,” kata peneliti IRC, Natalia Christanto di Depok, Rabu (17/7/13).

Natalia mengatakan, deklarasi itu sendiri merupakan deklarasi Capres-Cawapres pertama menuju pemilihan presiden tahun 2014.

Posisi Hary Tanoesoedibjo yang kiprahnya dalam bisnis dan akhir-akhir ini politik, diduga menjadi sebab deklarasi itu mendapatkan banyak perhatian media.

Deklarasi itu dinilai IRC telah meningkatkan tingkat elektabilitas Wiranto sebagai calon presiden untuk pemilu 2014.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indonesia Research Centre (IRC) terhadap pemilik telepon di 11 kota besar di Indonesia (Bandung, DKI Jakarta, Lampung, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Samarinda, Semarang, Surabaya dan Tangerang), tingkat elektabilitas Wiranto meningkat pasca deklarasi.

Menurut hasil survei yang dilakukan 8-11 Juli lalu itu, sebelumnya elektabilitas Wiranto berkisar pada angka 3-4 persen, pada survei yang diselenggarakan IRC itu elektabilitas Wiranto mencapai angka 6,8 persen.

Begitu pula elektabilitas parpol IRC mendapatkan hasil PDIP 18 persen, Partai Demokrat 7,7 persen, Golkar 7 persen , Gerindra 6,6 persen dan Hanura 5,9 persen.

Pada survey sebelumnya, IRC mendapatkan hasil elektabilitas pada Hanura sebesar 3,99 persen.

Sementara hasil-hasil lainnya, Jokowi merupakan pilihan pertama rakyat saat ini untuk menjadi presiden. Gubernur DKI Jakarta itu mencatat elektabilitas 32 persen, disusul kemudian oleh Prabowo Subianto  (8,2 persen), Wiranto (6,8 persen) dan Megawati Sukarnoputri (6.1 persen). Sementara calon Partai Golkar, Aburizal Bakrie, hanya dipilih oleh 3,3 persen masyarakat.

Survei itu sendiri mengambil sampel 794 orang responden yang dipilih secara acak dari buku telepon residen terbaru. Dengan jumlah sampel itu, angka margin errornya lebih kurang 3,48 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terdiri dari 45 persen laki-laki dan 55 persen perempuan.

(Akbar)

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita terkait lainya