Inilah Cara Cegah Tikus Masuk ke Rumah Anda
S Hidayati - depoknews.com | Monday, 25/3/13 , 05:30 WIB | 993 Views | 0 Comments

tikusdepoknews.com | Yang paling menjengkelkan bagi para ibu adalah jika ada tikus masuk rumah. Berbagai cara mulai dengan memasang perangkap, memberikan racun, dan memasang lem tikus kerap dicoba. Namun, biasanya hanya pergi sementara, dan muncul kembali setelah kegiatan pembersihan dihentikan.

Tikus merupakan binatang omnivora yang sangat rakus dan mempunyai penciuman yang sangat tajam. Wadah bekas menyimpan makanan pun bisa dikeratnya jika masih berbau masakan menyengat. Ia juga suka tempat lembab tersembunyi dan kotor. Semakin jarang tempat itu disentuh/ dibersihkan makin senang ia bersarang disitu.

Cara mudah untuk mencegah tikus tidak muncul kembali adalah jangan pernah menyisakan makanan atau bahan mentah sayur/buah di tempat sampah tak bertutup. Selain itu sisa masakan begitu selesai memasak langsung segera bersihkan. Jangan pernah membiarkan remah kue atau sisa makanan tercecer di lantai.

Hal lain yang penting dan perlu dicermati adalah menutup tempak keluar masuknya tikus, baik berupa lubang/ celah dengan bahan yang tidak bisa dikerat oleh tikus. Celah lubang yang biasa dilewati tikus biasanya lis atap, celah pintu, atau lubang angin.

Pembasmian tikus dapat dilakukan dengan memasang perangkap jebakan,  meletakkan lem tikus, memberikan racun, memasang alat bernada tinggi. Namun demikian tikus termasuk binatang yang cerdik, ia tidak akan masuk lubang kedua kali.

Untuk itu perangkap, lem, atau racun tikus sebaiknya diletakkan berpindah-pindah dan dilakukan dengan selang waktu. Penggunaan racun tikus juga harus hati-hati jangan sampai  mengenai bahan makanan kita dan hindari dari jangkauan anak. Tikus yang terkena racun biasanya tidak akan langsung mati. Tikus akan bersembunyi di saat sekarat dan ketika mati bau dan bangkainya tentu sangat mengganggu kesehatan.

Pilihan menggunakan perangkap alat elektrik decible/ nada tinggi paling ramah karena akan mengusir tikus yang tidak suka dengan suara tinggi. Makanya  orang dulu biasa memelihara jangkrik di rumah atau lumbung padi untuk mengusir tikus. (sh)

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita lainya