Indonesia Sering Juara Bulutangkis Dunia, Inilah Sejarah Bulutangkis Bermula
Pramono - depoknews.com | Wednesday, 24/4/13 , 10:00 WIB | 638 Views | 0 Comments

bulutangkisdepoknews.com | Walaupun olahraga bulutangkis bukan asli Indonesia, tapi dunia mengakui ketangguhan Indonesia. Pemain andalan kita saat itu, seperti Rudy Hartono, Lim Swie King, Verawaty Fajrin, Icuk Sugiarto, dan masih banyak lagi. Bahkan Indonesia pernah menjuarai 7 kali berturut turut tingkat dunia.

Wikipedia menuturkan, bulutangkis kemungkinan berkembang pertama kali di Mesir kuno, sekitar 2000 tahun lalu. Sumber lain ada yang menyebut India dan Republik Rakyat Cina. Di Cina permainan ini awalnya dikenal dengan nama Jianziyang. Suatu permainan yang menggunakan kok tetapi tanpa raket. Targetnya, bagaimana menjaga agar kok  tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan.

Di belahan dunia lain, Inggris, sejak zaman pertengahan ada permainan anak-anak yang disebut Battle dores dan Shuttle cocks.  Pada masa itu anak-anak memakai dayung atau tongkat (Battledores) bekerjasama untuk menjaga agar kok tetap di udara,  dan mencegahnya tidak jatuh ke tanah.

Pada 1854  majalah Punch  mempublikasikan  permainan ini. Ketika ke Jepang, Cina, dan Thailand ada penduduk  Inggris  yang mengenalkan permainan ini.  Maka dengan segera permainan ini menyebar di kalangan anak-anak.

Kompetisi pertama bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune India pada abad ke-19. Mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Karena itu nama bulutangkis pernah dikenal sebagai permainan Poona, dari kata Pune. Ketika kembali ke Inggris tahun 1850, tentara Inggris juga membawa permainan itu.

Nama badminton, untuk mengganti istilah battledore, dimulai tahun 1860, oleh Isaac Spratt. Tahun 1877 barulah disusun aturan mainnya. Penamaan badminton tersebut karena untuk mengenang tempat bermain di Gedung Badminton (Badminton House), estat Duke of Beaufort’s  di  Gloucestershire, Inggris.

Di Inggris, asosiasi bulutangkis dibentuk pada 1893. Adapun kejuaraan internasional pertama diadakan pada 1899 dengan nama Kejuaraan All England. Saat ini bulutangkis sudah menyebar di dunia. Tetapi yang selalu menjuarai bulutangkis negara di wilayah Asia Timur dan Tenggara, dan di negara-negara Skandinavia.

(pram/dn).

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita lainya