Tuyul Resahkan Warga Sukatani Tapos

Guru Besar UI: Usir Tuyul Dengan Pendekataan Budaya
Akbar - depoknews.com | Tuesday, 2/7/13 , 20:30 WIB | 499 Views | 0 Comments

Prof Dr Bambang Wibawartadepoknews.com | Guru besar Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Prof Dr Bambang Wibawarta meminta kepada masyarakat Perumahan Sukatani Permai, Sukatani, Tapos, Depok untuk mengusir mahkluk gaib berupa tuyul dengan pendekataan budaya. Hal itu dapat dilakukan bila di masyarakat tersebut berlaku budaya spiritual.

“Dalam kitab suci menyebutkan  makhluk gaib itu ada. Oleh karena itu saya tidak menyangkal makhluk gaib itu ada. Memang fenomena itu kerap muncul. Seperti kesurupan, makhluk jadi-jadian, dan tuyul. Tapi masyarakat juga harus rasional.  Untuk mengusirnya dapat dengan pendekatan budaya. Misalnya meminta bantuan ulama dengan melakukan doa bersama,” katanya, Selasa (2/7/13).

Menurut Bambang, jika masyarakat setempat sudah mencoba mengusir atau memindahkan tuyul itu dengan bantuan “orang pintar” dan ulama maka warga tidak boleh menyerah. Warga pun diminta mencari lagi orang-orang yang lebih cocok untuk mengusir tuyul tersebut.

“Katanya makhluk gaib itu lebih banyak dari manusia. Namun Jika kita umat manusia merasa lebih mulia seharusnya bisa mengusir tuyul itu. Jika belum bisa juga carilah lagi orang-orang yang cocok,” paparnya.

Bambang menyatakan bahwa di lingkungan setempat dipastikan ada orang-orang intelektual. Maka orang-orang tersebut dapat mencaari jalan keluar dengan berbagai cara dalam mengamankan lingkungan mereka. Di antaranya melakukan pendekataan keamanan.

Dikatakan Bambang, hingga saat ini fenomena itu sangat khas di Indonesia. Namun ia mempertanyakan keberadaan tuyul itu ada di negara lain atau tidak. Misalnya di Thailand dan Australia.

(Akbar)

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita lainya