Gerakan ODNR Merambah ke Medan
- - depoknews.com | Thursday, 6/12/12 , 19:03 WIB | 323 Views | 0 Comments

depoknews.com | Gerakan Sehari Tanpa Nasi yang digaungkan di Kota Depok merambah hingga ke Medan, Sumatera Utara.

“Saya belajar dari gerakan ODNR yang dipopulerkan Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il. Awalnya sulit mengembalikan pamor pangan lokal. Namun saya tidak berhenti begitu saja. Saya bertanya kepada akademisi, gerakan apa yang harus dilakaukan.” Ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumatera Utara, Setyo Purwadi seperti dikutip harian Warta Kota,

Gerakan ODNR ala Medan ini adalah gerakan mengembalikan makanan tradisional Medan yang sudah hilang, yakni Manggadong. Gerakan ini dipopulerkan sejak tahun lalu. Manggadong adalah makanan tradisional masyarakat Medan yang terdiri dari makanan umbi-umbian, jagung, dan kacang rebus yang disajikan di atas nampan.

Gerakan Manggadong ini juga sempat mendapat penghargaan dari MURI dengan 19.972 peserta mahasiswa dan pelajar makan manggadong pada saat bersamaan namun di tempat yang berbeda.

Saat ini Manggadong sudah populer dan sejumlah restoran di Medan sudah menjual manggadong dengan berbagai nama seperti Manggadong ayam pop dan nasi goreng manggadong.

(pemkot/dn)

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita terkait lainya