Asyik, Biaya Uang Kuliah PTN Dijamin Tak Mahal
Akbar - depoknews.com | Friday, 5/4/13 , 07:00 WIB | 602 Views | 0 Comments

PTNdepoknews.com | Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan, Djoko Santoso menjamin biaya kuliah diperguruan tinggi negeri (PTN) tidak akan mahal.

Sebab mulai tahun ini, Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan diberlakukan dan merupakan konsekwensi dari UU No 12 tahun 2012, tentang pendidikan nasional.

Menurut Djoko, tidak mahalnya biaya kuliah di PTN karena pihaknya telah menetapkan standar biaya kuliah. Standar tersebut menjadi patokan bagi PTN menetapkan biaya kuliah.

“Kami sudah menetapkan standar biaya kuliah. Nah, PTN harus menetapkan biaya kuliah di bawah standar atau minus bukan plus. Jadi kami jamin biaya kuliah tidak akan mahal meskipun hingga 10 tahun ke depan,” tutur Djoko di Balairung UI, Kamis (4/4/13).

Djoko menyatakan bahwa tidak mahalnya biaya kuliah tersebut karena setiap PTN mendapatkan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

Kemudian dengan adanya UKT maka mahasiswa tidak membayar uang pangkal. Mahasiswa hanya dikenai SPP dan tidak ada biaya lainnya. Contohnya UI yang sudah menetapkan biaya kuliah Rp 100.000-Rp 7 juta.

“Itu dulu biaya kuliah untuk kedokteran Rp 25 juta. Sekarang tidak. Kami berharap seluruh PTN dapat menetapkan biaya kuliah seperti UI,” imbuhnya.

Djoko mencontohkan biaya kuliah itu sama dengan ongkos produksi membuat surat kabar. Sedangkan tarif itu harga jual surat kabar ke pembaca.

Djoko menyebutkan bahwa PTN di Indonesia tengah menentukan besaran UKT. Namun jika ada PTN yang masih menunggu masukan dari Dikti, maka PTN tersebut belum memahami tentang UKT. (Akbar)

Comments

comments

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Baca berita lainya